Global Sports Berita Politik Reportase Fokus Info Rilis Pariwara Bisnis
Editor's

Bupati Morut Delis Hehi: Saya tidak pelupa   |   Lebih 1.000 Triliun Dana Pusat ke Papua, Alokasi Pendidikan Tak Sampai 5 Persen   |   Kebakaran di Luwuk Timur, Pemilik Rumah Tewas Terbakar   |  

Dukung Independensi jurnalisme yang tidak berpihak

Ramadan Jadi Momen Balap Liar, Polisi Tingkatkan Patroli di Rest Area Lingkar Uso

Red : Amad Labino / Saiful Yamin
Minggu, 9 Mei 2021 | 11:05:46 WITA

Batui, CNA DAILY - Polisi mengamankan belasan remaja yang diduga akan melakukan balap liar di malam Ramadan atau Minggu dini hari, 9 Mei 2021. Mereka terjaring saat polisi melakukan patroli di kawasan Rest Area jalan Lingkar Desa Uso, Kecamatan Batui, Banggai, Sulteng.

Berita Lainnya

"Sebelas orang terjaring dan enam kendaraan disita," kata Kapolsek Batui Iptu  IK Yoga Widata. Minggu.

Polisi mensterilkan rest area lingkar Uso dari balap liar. Foto. Polsek Batui

Menurut dia, saat itu ada seratusan pemotor berada dilokasi sebelum polisi tiba. Niatnya, mereka berkumpul untuk menyaksikan balapan di poros rest area tersebut, tapi keburu diburu patroli sehingga bubar dan melarikan diri. "

Saat mobil patroli berhenti spontan saja, orang - orang langsung lari berhamburan" ungkap Iptu Yoga.

Sementara sebelas orang yang sempat dicokok dan masih remaja itu diberi hukuman pembinaan.

"Kita berikan penjelasan kepada orang tua mereka, kalau anak anak yang di duga melakukan kegiatan balap liar akan di berikan pembinaan dan melaksanakan wajib lapor 2 kali dalam seminggu," kata Kapolsek. "Sedangkan untuk kendaraan akan di tilang dan menjalani proses sidang setelah lebaran," imbuhnya.

Balap Liar Didominasi Remaja

Kapolsek Batui, Iptu Yoga Widata, berharap peran aktif orang tua untuk turut serta dalam pengawasan pergaulan anak. Pasalnya, balap liar sangat berbahaya bagi keselamatan pelaku maupun masyarakat umum.

"Saya harap orang tua ikut peduli memantau dan mencari keberadaan anaknya kalau sudah larut malam, hal ini sebagai antisipasi agar anak anak tidak salah dalam bergaul," pinta Yoga.

Dari keterangan salah satu remaja yang berhasil amankan, para pe joki datang dari Kecamatan Toili, Batui, Kintom dan Luwuk.

Memang dari pantauan media ini, balap liar sengaja memilih rest area Jalan Lingkar Uso sebagai arena karena kualitas aspal hotmix dan badan jalan cukup lebar. Selain itu pula, lokasi ini berada jauh dari pemukiman penduduk.

Sehingga untuk mengantisipasi balap liar susulan, Polsek Batui akan terus melakukan patroli di seputaran jalan lingkar secara rutin.

"Olehnya kami imbau, lakukan hal-hal positif di sepanjang bulan ramadhan dan dalam menjalani kehidupan sehari hari," tutup Iptu Yoga.



Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber
Jurnalisme Positif | Info Iklan | Ketentuan Khusus | Karir



DOWNLOAD APLIKASI
 

Copyright © 2018 CNA Daily
Allright Reserved