Global Sports Berita Politik Reportase Fokus Info Rilis Pariwara Bisnis
Editor's

Waspadai Indikasi Persekongkolan dan Persaingan Tidak Sehat Dilingkungan UKPBJ Banggai   |   Pokja ULP Banggai Bakal Disanggah   |   Binda Sulteng Gencarkan Vaksinasi Covid -19 Kewarga Komunitas Adat Terpencil   |  

Dukung Independensi jurnalisme yang tidak berpihak

PT. Prima Darma Karsa Salurkan CSR ke Desa Siuna Senilai Rp350Juta

Red : Amad Labino
Rabu, 29 Des 2021 | 09:03:57 WITA

BANGGAI – Bentuk komitmen dan tangung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat Desa Siuna, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, oleh perusahaan bijih nikel PT. Prima Darma Karsa (PDK), Selasa (28/12/2021) menyalurkan bantuan uang tunai senilai Rp350.000,000,00.

Bantuan yang disalurkan melalui rekening desa  tersebut merupakan dana Corporate social responsibility (CSR) untuk Tahun 2021.

Camat Sumitro menyampaikan, dana itu nantinya digunakan untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat (PPM) Desa Siuna.

“Ada Rp350juta yang ditransfer langsung ke rekening desa, dana ini untk kepentingan pemberdayaan desa, masyarakat akan musyawarah bersama untuk menyepakati penggunaan dana itu,” singkat Sumitro.

Pjs. Kades Siuna Abd. Razak Rais menyampaikan, dana tersebut sebenarnya telah di transfer pada Senin (27/12) tapi penyerahan secara simbolis baru dilakukan pada Selasa (28/12).

“Tadi itu bukti transfer dana yang diserahkan dan disaksikan langsung oleh perwakilan masyarakat, kalau dananya sudah di transfer dari kemarin (senin -red) ke rekening desa,” kata Abd. Razak di Kantor Desa Siuna.

Dana CSR tersebut nantinya digunakan untuk beberapa item program yang membantu pembangunan di desa. Pasalnya pemerintah desa telah memasukan dana CSR tersebut ke postur anggaran pendapatan lain lain.

“Di saat penyusunan rencana pembangunan APBDes sudah termasuk dengan dana pendapatan lain lain. Artinya, CSR ini sudah masuk dalam pembiayaan program kegiatan ABPDes, intinya dana ini digunakan untuk pembangunan Desa,” ungkap Abd. Razak.

Menurutnya sesuai dengan perencanaan penggunaan dana CRS yang melekat di pos anggaran pendapatan lain lain. Kata Abd Razak, rencana untuk pembangunan tribun, pembanguan  lapangan Volly dan Masjid.

“karena sudah melekat dalam pembelanjaan APBDes Tahun 2021 dan sudah mepet waktu, maka dana itu akan di masukan ke Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa), untuk pengerjaan item kegiatan akan dilaksanakan pada 2022 nanti,” tandasnya.

Penyerahan dana secara simbolis bertempat di Kantor Desa Siuna pada Selasa 28 Desember 2021, sekitar pukul 13.30 Wita. diserahkan langsung oleh perwakilan perusahaan PT PDK, Moh Ikbal, dan disaksikan, Camat Pagimana Sumitro Balahanti, Pjs. Kepala Desa Siuna Abd. Razak, Ketua BPD Dadang serta perangkat desa dan perwakilan masyarakat.

Diketahui, dana Rp350Juta tersebut merupakan sisa dana CSR untuk Tahun 2021. Komitmen pihak perusahaan dengan pemerintah desa per tahun besaran CSR yang dikucurkan ke masyarakat Siuna senilai Rp500juta. (AL)



Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber
Jurnalisme Positif | Info Iklan | Ketentuan Khusus | Karir



DOWNLOAD APLIKASI
 

Copyright © 2018 CNA Daily
Allright Reserved