Global Sports Berita Politik Reportase Fokus Info Rilis Pariwara Bisnis
Editor's

Waspadai Indikasi Persekongkolan dan Persaingan Tidak Sehat Dilingkungan UKPBJ Banggai   |   Pokja ULP Banggai Bakal Disanggah   |   Binda Sulteng Gencarkan Vaksinasi Covid -19 Kewarga Komunitas Adat Terpencil   |  

Dukung Independensi jurnalisme yang tidak berpihak

Petani Segel Jalan Kantong Produksi, Akses Perusahaan Sawit Lumpuh

Red : Amad Labino
Selasa, 17 Mei 2022 | 04:30:45 WITA

BANGGAI – Puluhan petani sawit Kecamatan Batui melakukan aksi demo Selasa pagi (17/5/2022), dengan melakukan pemalangan jalan kantor produksi yang berada di areal perkebunan Seseba, Desa Honbola, Kecamatan Batui, Kabuaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Berita Lainnya

Puluhan petani yang tergabung dalam Front Petani Lingkar Sawit Batui itu melakukan protes ke perusahaan PT Sawindo Cemerlang (Scem) anak dari perusahaan Kencana Agri. Ltd. Protes tersebut diantaranya, menuntut perusahaan agar terbuka soal peta Hak Guna Usaha (HGU) yang berada di lahan masyarakat.  

Lima poin tuntutan masa aksi. Pertama, meminta kepada menajemen tentang tapal Batasa HGU di lahan masyarakat agar tidak menimbulkan keributan di Lapangan.

Dua. Menarik puluhan personil anggota Brimob di lapangan demi memberi kenyamanan baik secara jasmani dan psikis petani sehingga masyarakat tidak merasa mendapat tekanan di lapangan.

Tiga. Meminta kejelasan menajemen terkait pola kemitraan dengan petani.

Empat. Sambil menunggu SPK SPHU serta poin poin yang sudah di rekomendasi dari pemprov palu untuk di revisi, oleh Pemda Banggai, yang sekarng sementara di tinjau oleh tim Pokja Pemda Banggai . maka kami meminta pihak saiwndo untuk tidak Melakukan diskriminasi pihak petani.

Lima. Buah sawit yang sudah masuk ke Pabrik di perusahaan untuk di bayarkan sesuai dengan harga TBS sesuai degan slip produksi yang di pegang oleh petani.

Aksi pemalangan jalan sejak Pukul 09.00 Wita. Hingga pukul 16.00 WIta masa aksi masih melakukan pemalangan jalan.

Pemelangan jalan tersebut membuat akses kendaraan perusahaan lumpuh. Puluhan kendaraan yang mengangkut buah sawit dan CPO terhambat sejak 10.00 Wita. Sekitar pukul 16.00 Wita sekitar 6 unit kendaraan tanki yang berisi CPO di izinkan untuk lewat. Sedangkan mobil tanki yang belum berisi CPO tidak di perbolehkan lewat. (AL)



Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber
Jurnalisme Positif | Info Iklan | Ketentuan Khusus | Karir



DOWNLOAD APLIKASI
 

Copyright © 2018 CNA Daily
Allright Reserved