Global Sports Berita Politik Reportase Fokus Info Rilis Pariwara Bisnis
Editor's

Waspadai Indikasi Persekongkolan dan Persaingan Tidak Sehat Dilingkungan UKPBJ Banggai   |   Pokja ULP Banggai Bakal Disanggah   |   Binda Sulteng Gencarkan Vaksinasi Covid -19 Kewarga Komunitas Adat Terpencil   |  

Dukung Independensi jurnalisme yang tidak berpihak

Pembangunan PLTMG Tak Ada Kemajuan. Pekerja: Kami Tak ada Target

Red : Irham Dani
Selasa, 2 Mar 2021 | 04:59:56 WITA

Batui, CNA DAILY - Belum ada kepastian kapan PT PLN (Persero) melalui pelaksana konstruksi merampungkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 40 megawatt (MW) di Desa Nonong. Proyek yang kini tengah dikerjakan PT. Barata Indonesia terkesan jalan ditempat.

Berita Lainnya

Beberapa wawancara kepada pekerja, Selasa 2 Maret 2021 di Desa Nonong, Kecamatan Batui, terungkap tak ada target dalam item pekerjaan, dan seringkali pekerja diliburkan.

Salah satu pekerja di proyek PLTMG [Foto.Istimewa]

"Pokoknya kerja apa yang bisa dikerja. Tidak ada target apa yang mesti diselesaikan, apalagi lembur semua tidak ada," kata salah seorang pekerja yang meminta namanya tidak dicantumkan dalam pemberitaan.

Sebelumnya pekerjaan dengan nilai investasi 521 miliar itu, ditargetkan rampung dan beroperasi pada triwulan II 2019. Namun sepanjang  tahun pekerjaan 2018-2019 hingga saat ini, proyek yang bakal memanfaatkan sumber gas dari Kecamatan Batui itu tak kunjung rampung.

"Kita juga tidak tau kapan baru bisa selesai, karena sampai hari ini kita hanya mengerjakan sesuatu yang tidak tertarget," masih kata sumber yang sama.

Sebelumnya kontraktor pelaksana proyek yang dilaksanakan konsorsium PT Barata Indonesia, PT Dalle Engineering Construction, serta PT Mitra Energi Batam sudah banyak menemui masalah. Mulai dari keterlambatan pembayaran upah tenaga kerja, hingga ratusan pekerja terlunta-lunta.

Padahal PLTMG 40 MW ini diharapkan akan memperkuat sistem ketenagalistrikan di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Banggai dan sekitarnya. Dimana, pada saat ini, PLN Area Luwuk memiliki 136.000 pelanggan dengan daya mampu pembangkit sistem Luwuk Toili sebesar 28,3 MW dan beban puncaknya sudah mencapai 25,8 MW.

Jika untuk melayani pelanggan rumah tangga dengan rata-rata daya 450 voltampere (VA) maka dengan adanya penambahan kapasitas listrik tersebut berpotensi melayani sekitar 88.000 sambungan pelanggan rumah tangga serta dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Banggai dan sekitarnya.



Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber
Jurnalisme Positif | Info Iklan | Ketentuan Khusus | Karir



DOWNLOAD APLIKASI
 

Copyright © 2018 CNA Daily
Allright Reserved