Global Sports Berita Politik Reportase Fokus Info Rilis Pariwara Bisnis
Editor's

Waspadai Indikasi Persekongkolan dan Persaingan Tidak Sehat Dilingkungan UKPBJ Banggai   |   Pokja ULP Banggai Bakal Disanggah   |   Binda Sulteng Gencarkan Vaksinasi Covid -19 Kewarga Komunitas Adat Terpencil   |  

Dukung Independensi jurnalisme yang tidak berpihak

Dewan Banggai Terbitkan Rekomendasi Pembatalan Hasil Tahapan Pilkades Desa Kayowa dan Nanga Nangaon

Red : Amad Labino
Rabu, 13 Okt 2021 | 11:46:19 WITA

CNA Daily.Com – DPRD Banggai meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banggai, untuk segera melakukan peninjauan kembali tahapan pemilihan calon kepala desa, di Desa Kayoa, Kecamatan Batui dan Desa Nanga –Nangaon, Kecamatan Bunta.

Berita Lainnya

Permintaan itu tertuang melalui Rekomendasi bernomor : 890/641 / DPRD, tertanggal 13 Oktober 2021, tentang permasalahan tahapan Pilkades di Desa Kayowa dan permasalahan hasil pembobotan pemilihan kepala desa Nanga-Nangaon Kecamatan Bunta.

Rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Suprapto berisi dua poin. Yakni, meminta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai agar segera meninjau kembali keputusan Panitia Pilkades Desa Kayowa Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, serta terkait mekanisme tahapan Pilkades Kayowa, Kecamatan Batui Kabupaten Banggai sampai adanya keputusan yang telah berkekuatan hukum tetap dari pihak yang berwewenang atas adanya dugaan pemalsuan 3 buah SK yaitu :

SK Nomor 141/07KYW/2014 tentang Pengukuhan Kelompok Tani di Desa Kayowa. SK nomor 141/73-KYW/XI/2007 tentang Pengangkatan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) di Desa Kayowa Periode 2007-2013. SK Nomor 141/09/KYW/2019 tentang Pengukuhan Kelompok Ternak Sapi Koyowa di Desa Kayowa Dengan tetap berpedoman pada ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Kedua, Kadis DPMD Banggai segera meninjau kembali atas keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa Nanga- Nangaon, Kecamatan Bunta, serta melakukan penelitian atas persyaratan administrasi bakal calon Kepala Desa Nanga-Nangaon sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rekomendasi tersebut menindak lanjuti Hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) oleh Komisi II  Dewan Banggai, pada Selasa 12 Oktober 2021, bersama Kepala Dinas DPMD Banggai, Camat Batui, Camat Bunta diwakili oleh Sekretaris Camat Bunta, Panitia Pilkades Desa Kayowa, Panita Pilkades Desa Nanga-Nangaon, Masyarakat Desa Kayowa, Masyarakat Desa Nanga-Nangaon, serta Aliansi Mahasiswa. Perihal, permasalahan Pilkades yang dalam hal ini ada indikasi tindak kecurangan di Desa Kayowa Kecamatan Batui dan hasil seleksi pembobotan yang dilakukan oleh Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Nanga-Nangaon Kecamatan Bunta. (Irham)



Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber
Jurnalisme Positif | Info Iklan | Ketentuan Khusus | Karir



DOWNLOAD APLIKASI
 

Copyright © 2018 CNA Daily
Allright Reserved